Senin, 17 Oktober 2016

sukristiawan.com:69 OBJEK WISATA GUNUNG KIDUL YANG MENARIK DIKUNJUNGI

69 OBJEK WISATA GUNUNG KIDUL YANG MENARIK DIKUNJUNGI
Foto: https://blogmommylina.wordpress.com/
Foto: http://cloudfront.net/
Foto trilokon Kompasiana.com
Foto oleh kedaisusu01.blogspot.com
Wisata Gunung Kidul – Gunung Kidul merupakan salah saatu Kabupante di Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja. Gunung Kidul sangat terkenal dengan wisata pantainya yang sangat mempesona. Ada banyak sekali pantai-pantai indah di Gunung Kidul, selain itu, objek wisata alam lainnya seperti goa, perbukitan, sungai dan lani sebagainya juga banyak di Gunung Kidul.
Sebelum kita membahas objek wisata Gunung Kidul , ada baiknya kalau kita kenalan terlebih dahulu dengan Kabupaten yang Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Wonosari ini. Dari wikipedia diketahui bahwa, Kabupaten Gunung Kidul berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo di utara, Kabupaten Wonogiri di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat. Kabupaten Gunungkidul memiliki 18 kecamatan dan 144 desa.
Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu. Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau, namun menyimpan kekhasan sejarah yang unik, selain potensi pariwisata, budaya, maupun kuliner. Luas wilayah Kabupaten Gunungkidul 1.485,36 km2 atau sekitar 46,63 % dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Wonosari terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta (Ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta), dengan jarak ± 39 km.
Kunjungi juga 35 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Populer dan Menarik
WISATA GUNUNG KIDUL
Berikut ini 69 objek wisata Gunung Kidul yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan anda bersama keluarga, pasangan atau teman-teman. Mau Backpacker-an juga seru.
1. PANTAI POK TUNGGAL
Objek wisata gunung kidul yang pertama adalah pantai Pok Tunggal. Pantai ini sangat terkenal karena keindahan alamnya yang sangat mempesona.
Pantai yang memiliki pasit putih ini selalu ramai oleh wisatawan apalagi saat musim liburan tiba. Saat kita memaski area pantai ini, kita akan disuguhkan pemandangan pohon duras serta barisan tebing tegak lurus dengan ketinggian tebing mencapai 40 m hingga 60 m.
Spot wisata Gunungkidul ini memiliki ombak laut yang tenang serta Anda juga dapat menjumapi sumber mata air tawar yang mengalir melalui aliran sungai bawah tanah di pantai ini. Jika Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan kawanan monyet liar yang melompat di balik tebing pada arah timur pantai.
Cara terbaik menikmati objek wisata Gunungkidul yang satu ini adalah dengan berkemah serta menikmati sunset menawan di kawasan pantai ini. Anda hanya perlu membayar tiket masuk Pantai Pok Tunggal sebesar Rp 2 ribu per orang.
Alamat Pantai Pok Tunggal: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.155144,110.621334
2. PANTAI SIUNG
loading...
Tempat wisata Gunung Kidul yang kedua adalah Pantai Siung, pantai ini juga memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Di sekitar pantai Siung, ada spot untuk mencoba olahraga ekstrim panjat tebing.
Setidaknya ada 250 jalur pemanjatan yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pantai Siung memiliki hamparan pasir yang putih, dikenal dengan batu karangnya yang berukuran raksasa. Sejumlah event panjat tebing skala nasional dan internasional pernah digelar di tempat wisata Gunungkidul yang satu ini.
Tetapi, untuk dapat sampai ke pantai di Jogja yang satu ini, Anda harus menempuh medan perjalanan yang cukup menantang. Cara paling populer untuk dapat tiba di pantai Siung adalah dengan mengendarai motor atau mobil, sebab cukup sukar menemukan angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke sana.
Alamat Pantai Siung : Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus , Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.181754,110.68312
3. PANTAI INDRAYANTI (PANTAI PULANG SAWAL)
Pantai pulang syawal adalah pantau yang paling terkenal di Gunung Kidul, pantai ini menjadi destinasi wisata Gunung Kidul paling populer.
Wisatawan pasti betah berlama-lama di pantai Pulang syawal atau Indrayanti ini, karena hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.
Soal cerita perut anda tidak perlu khawatir, karena di sepanjang bibir pantai terdapat restoran yang menyajikan aneka masakan laut hingga es kelapa muda segar. Tidak kalah menarik, ketersediaan unit-unit jet sky dapat Anda sewa jika ingin bermain-main di air laut yang bersih.
Beberapa cottage bahkan tersedia di sekitaran pantai bagi Anda yang ingin menghabiskan malam dan menikmati keindahan wisata pantai Indrayanti ini. Untuk dapat masuk kawasan wisata Gunungkidul yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Indrayanti sebesar Rp 5 ribu per orang.
Alamat Pantai Indrayanti: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.15022,110.612004
4. PANTAI BARON
Pantai baron menjadi obyek wisata Gunung Kidul yang menarik untuk kita kunjungi selanjutnya. Di sepanjang bibir pantai Baron juga terdapat restoran yang menyajikana aneka kuliner lezat seperti lobster, ikan kakap, bawal putih, hingga tongkol. Pantai Baron adalah juga dermaga bagi para nelayan, Anda akan menjumpai adanya pelelangan ikan di kawasan pantai ini.
Pantai Baron sesungguhnya adalah sebuah teluk dengan keberadaan dua buah bukit yang mengapit pantai tersebut pada sisi kiri dan kanannya. Terdapat pula beberapa hotel yang dekat dengan pantai Baron dan dapat Anda pilih sebagai tempat menginap.
Alamat Pantai Baron: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.1289445,110.5486619
5. PANTAI JOGAN
Salah satu pesona pantai Gunungkidul yang satu ini adalah adanya air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir laut Jogan. Air terjun setinggi 10 meter ini memiliki sumber air yang berawal dari perbukitan karst yang ada di kawasan pantai Jogan.
Tempat wisata Gunungkidul yang satu ini memang memiliki bentang alam yang unik, dikelilingi tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur.
Selain menimati panorama pantai Jogan yang indah, di tempat ini Anda dapat mencoba untuk merasakan guyuran air terjun tersebut. Namun, diperlukan kehatian-hatian ekstra untuk dapat menyusuri turunan licin dan curam agar sampai ke bagian bawah air terjun tersebut.
Anda hanya perlu membayar tiket masuk pantai Jogan sebesar Rp 3 ribu per orang untuk dapat mengeksplorasi keunikan wisata Gunungkidul yang satu ini.
Alamat Pantai Jogan : Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.1800747,110.6763631
6. PANTAI SUNDAK
Salah satu pantai di Gunungkidul dengan panorama yang menawan adalah Pantai Sundak. Terletak di Desa Sidoharjo, pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan ombak laut yang cukup besar dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul.
Pada sisi kanan dan kiri pantai ini terdapat bebatuan karang besar yang menjadi pemisah antara pantai Sundak dengan pantai lainnya. Cara terbaik menikmati pesona pantai Sundak adalah dengan berkemah, menikmati malam sembari memanggang ikan bersama dengan para sahabat.
Alamat Pantai Sundak: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.147034,110.607889
7. PANTAI KRAKAL
Pantai krakal menjadi salah satu objek wisata pantai di Gunung Kidul yang terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona.
Pantai krakal juga memiliki pasir putih bersih serta air jenis, tidak heran kalau pantai ini menjadi salah satu daya tarik Gunung Kidul oleh wisatawan lokal dan dari luar Gunung Kidul.
Di sekitar pantai ini terdapat hotel dan tepat meginap, soal makan juga tidak perlu khawatir, karena Anda dapat menjumpai berbagai tempat makan di kawasan pantai Krakal dengan cita rasa yang enak.
Alamat Pantai Kukup : Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.145316,110.599048
8. GOA GELATIK
Goa Gelatik menjadi salah satu dari sekian banyak objek wisata alam yang bisa kita kunjungi, terdapat kumpulan stalaktit dan stalakmit yang tersusun indah. Goa ini masih terjaga keasliannya, memiliki panjang sejauh 400 meter. Jika Anda bermaksud menelusuri goa ini, disarankan untuk membawa peralatan keamanan yang diperlukan.
Pula, gua ini sedikit lebih rendah sehingga saat memasukinya, Anda harus menundukkan kepala. Juga agar berhati-hati karena goa ini adalah pula tempat tinggal kelelawar yang hidup di dalamnya.
Alamat Goa Gelatik: Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.926167,110.646465
9. AIR TERJUN SRI GETHUK
Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu objek wisata Gunung Kidul yang wajib dikunjungi. Air terjun yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Air terjun yang memiliki bentuk yang sangat indah ini memiliki ketinggian tebing hingga 50 m.
Untuk dapat tiba di air terjun ini, Anda harus melewati jalanan setapak di pematang sawah sejauh kira-kira setengah kilometer, lalu dilanjutkan menuruni 96 anak tangga.
Untuk dapat masuk kawasan wisata Gunungkidul yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk sebesar Rp 3 ribu per orang.
Jika Anda ingin lebih cepat dan mudah untuk dapat sampai di lokasi air terjun, Anda dapat menyewa perahu tradisional (gethek) sebesar Rp 5 ribu per orang.
Alamat Air Terjun Sri Gethuk: Bleberan, Playen, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.945583,110.487962
10. GUA SEROPAN
Bagi pecinta alam, goa Seropan menjadi obyek wisata Gunung Kidul yang wajib dikunjungi. Anda bisa melakukan kegiatan penyusuran gua (caving) dan panjang tebing (rock climbing).
Menaklukkan tebing-tebing karst adalah sebuah hal yang berkesan. Begitu pula dengan keindahan paduan ornamen stalaktit dan stalagmit yang ada di dalamnya. Aliran sungau di bawah tanah semakin menambah pesona goa ini bagi para penikmat alam.
Alamat Gua Seropan: Desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.0160130,110.6827930
11. GUA JOMBLANG
Di goa Jomblang anda bisa melihat “Cahaya Surgawi” yang sangat terkenal itu.Di bagian dalam goa anda akan melihat stalagmit hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa, menghadirkan sebuah pemandangan memukau yang menerangi stalaktit dan stalagmit, membuat permukaan lantai gua menjadi begitu indah.
Pemandangan menawan inilah yang bagi sebagian orang dinamakan sebagai “Cahaya Surgawi”.
Alamat Gua Jomblang : Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.02868,110.638306
12. CAVE TUBING KALISUCI
Satu lagi kegiatan seru yang bisa anda lakukan di Gunung Kidul, yaitu menyusuri aliran sungai yang mengalir di dalam gua menggunakan ban dalam. Cave Tubing Kalisuci menyuguhkan Anda pengalaman wisata alam yang berkesan, melewati aliran air dalam perut bumi selama sekitar 1 jam, melewati hingga tiga buah goa dengan langit-langit yang tinggi.
Inilah kegiatan susur sungai tertutup yang pertama di Indonesia. Selain itu, di Jogja masih ada tempat cave tubing lainnya, yakni di Goa Pindul.
Alamat Cave Tubing Kalisuci : Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.010044,110.638724
13. GUNUNG NGLANGGERAN
Kalau anda ingin menikmati sensai sunrise dan sunset yang menawan, ada satu spot yang bisa anda kunjungi yaitu yang terdapat di Gunung Nglanggeran.
Dari Gunung Nglanggeran ini juga anda bisa melihat keindahan gemerlap indah kota Jogja dari ketinggian.
Gunung Nglanggeran berbentuk seperti sebuah bongkahan batu raksasa. Anda hanya memerlukan waktu pendakian selama 1,5 jam saja untuk dapat tiba di puncak bagian barat gunung ini. Tetapi pada puncak bagian timur, Anda dapat mengendarai motor untuk dapat sampai ke atasnya.
Alamat Gunung Nglanggeran: Desa Ngalanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.842523,110.541095
14. PANTAI SADRANAN
Kembali lagi ke pantai yang ada di Gunung Kidul, yaitu pantai Sadranan yang juga memiliki keindahan yang menawan siapapun yang datang untuk liburan kesini.
Pantai Sadranan lokasinya tidak jauh dari Pantai Sundak. Pantai Sadranan sangat cocok untuk dijadikan lokasi untuk melakukan kegiatan snorkeling karena ombaknya yang tenang.
Saat air sedang surut, pantai ini akan menghadirkan pemandangan alami berupa kumpulan karang yang seolah-seolah membentuk lantai alami. Jika ingin snorkeling di pantai ini dan lupa membawa peralatan, tidak perlu khawatir karna sudah banyak jasa penyewaan snorkeling di Pantai Sadranan
Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus
Pantai berpasir putih, alami, dan indah. Biasa untuk pemotretan Pre Weddingkarena keindahannya.
15. BUKIT BINTANG
Selain Gunung Nglanggeran, spot terbaik untuk menikmati keindahan Jogja dari malam hari adalah ke Bukit Bintang yang terletak di Jalan Jogja-Wonosari. Untuk mencapai Bukit Bintang, anda harus menempuh sekitar 15 km dari Jogja. Saat malam hari, tempat ini akan menyajikan lautan gemerlap lampu kota Jogja yang sangat indah.
Di Bukit Bintang anda juga dapat menyeruput kopi yang nikmat serta jajanan yang bisa kita jadikan teman untuk menikmati keindahan kota Jogja dari ketinggian.
Bukit Bintang merupakan tempat nongkrong seru di Jigja khususnya di Gunug Kidul.
16. PANTAI NGOBARAN
Satu lagi objek wisata Gunung Kidul yang menarik untuk kita kunjungi, yaitu Pantai Ngobaran yang memiliki pemandangan yang indah. Pantai Ngobaran pada saat air sedang surut, kita akan menyaksikan hamparan rumput laut akan nampak seperti sawah, apabila dilihat dari atas.
Tapi jika Anda turun ke bawah, biota-biota laut yang bersembunyi dibalik batu karang juga akan terlihat. Tak hanya itu saja yang menarik dari pantai ini, budaya di pantai ini juga unik, yakni adanya tempat ibadah untuk 4 agama yang berdiri berdekatan.
17. PANTAI GESING
Kalau anda mau mandi sepuasnya, datang aja ke Pantai Gesing, pantai ini memiliki pesona yang sangat menawan, airnya jenis sekali, pasirnya putih bersih, serta ombaknya relatif tidak besar. Selain itu, pantai Gesing juga dangkal, jadi sangat pas untuk jadi tujuan wisata anak di Gunung Kidul.
Pantai Gesing memiliki keindahan yang luar biasa, di sisi kanan dan kiri pantai menambah kesan eksotisme Pantai Gesing. Di sini, Anda dapat bersantai sambil menikmati deburan ombak serta hembusan angin laut yang sejuk. Jalur menuju Pantai Gesing yang paling mudah yaitu melalui Imogiri – Panggang, lalu melanjutkan perjalanan ke arah timur sampai bertemu pohon beringin besar berada di Utara jalan, dan belok ke kanan sekitar 10 km.
18. BUKIT KOSAKORA
Bukit Kasokara menjadi tujuan liburan di Gunung Kidul selanjutnya, lokasinya berada 2 KM dari sebelah timur pantai Drini. Di Bukit ini terdapat pemandangan yang sangat menakjubkan, yang terdiri dari hamparan rumput hijau yang bisa memberikan kesejukan.
Bukit ini tidak terlalu tinggi, kira-kira 50 meter saja. Namun setelah kita sampai di atas puncak bukit ini maka hamparan pantai Ngrumput, Drini, Kukup, Baron akan terlihat indah dari bukit ini. Dari hamparan pantai-pantai tersebut, kita bisa menikmati keindahan gelombang ombak, kelok-keloknya karang pantai dan birunya laut serta hijaunya rumput.
19. PANTAI WEDI OMBO
Nama pantai ini cukup unik, kalau dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti takut lebar. Pantai Wediombo Gunung Kidul ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang tidak boleh kita lewatkan.
Pantai alami denga panorama yang sangat indah, berbentuk teluk dengan hamparan pasir putihnya sangat sering dipergunakan untuk menikmati suasana sunset dengan sempurna.
Pantai ini diapit oleh teluk yang lebar dengan pasir putih yang menghadap ke laut dan dikelilingi oleh perbukitan kapur. Teluk dapat kita lihat dari atas bukit atau dari pinggir pantai juga. Pantai ini dikelilingi juga oleh pegunungan kars yang membuat seolah pantai ini berada pada cekungan bukit. Jadi membuat pantai ini makin indah. Selain itu juga ombak di pantai ini cukup besar dan sering digunakan untuk berselancar.
20. PANTAI SLILI
Satu lagi destinasi wisata Gunung Kidul yang menarik untuk kita kunjungi adalah Pantai Slili yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pantai ini juga memiliki keindahan yang menawan. Pantai yang merupakan pembatas antara Pantai Krakal dengan Pantai Sadranan ini juga menarik untuk kita jadikan tempat mandi-mandi atau melakukan aktivitas pantai lainnya.
Pantai ini berlokasi tepat di sebelah Pantai Sadranan dan hanya dibatasi dengan sebuah bukit dan vila. Pantai Slili adalah salah satu pantai yang masih alami dan sangat layak untuk dikunjungi akan tetapi, letaknya yang terbilang “nyempil” menjadikan tempat ini belum begitu dikenal banyak orang.
Para pengunjung Pantai Slili Gunung Kidul dapat menginap di hotel atau wisma dengan kelas melati yang lokasinya berada di sebelah barat Watulawang Adventure Resort, yang bernama Puri Thalasso. Wisma ini mematok harga yang sangat terjangkau di mana para pengunjung hanya perlu membayar sekitar 60-70 ribu rupiah untuk menyewa satu kamar dan 250 ribu rupiah untuk menyewa satu billa dengan fasilitas empat kamar yang berada di atas bukit karang.
21. PANTAI TIMANG
Kalau anda sedang atau akan berlibura ke Kecamatan Tepus, sebaiknya anda juga mendatangi Pantai Timang. Letaknya ada di Desa Purwodadi.
Di pantai ini terdapat Pulau Timang (Watu Panjang/Batu Panjang) yang dapat dijangkau dengan gondola tradisional yang terhubung tali.
Lokasi Pantai Timang Terletak Di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koodinak GPS: S8o10’36” E11o39’44”- Wisata Pantai Gunungkidul Yogya.
Rute Menuju Lokasi Pantai Timang Dari Jogja
Jogja – Wonosari – Menuju area Pantai Baron – Pertigaan Mulo – Menuju Pantai Siung – Pasar Dakbong – Jalan Berbatu – Pantai Timang.
Pantai Timang kurang dikenal sehingga banyak wisatawan menemukan lokasi pantai, di sarankan menggunakan sepeda motor atau mobil jeep agar perjalanan tetap nyaman, jangan lupa membeli makanan sebelum mencapai lokasi karena fasilitas tergolong minim.
22. PANTAI JUNGWOK
Pantai Jungwok juga menjadi salah satu objek wisata Gunung Kidul yang menawan, keindahan pantai ini juga tidak kalau dari pantai pulang syawal atau indrayanti.
Pantai Jungwok juga memiliki pasir pantai yang putih bersih serta air yang jernih. Kalau anda ingin menikmati sensai liburan seru, sebaiknya anda melakukan kegiantan disini.
Pantai jungwok ini merupakan salah satu alternatif bagi anda pecinta adventure dan yang anti mainstream. Karena di pantai ini anda tidak akan mendapatkan fasilitas-fasilitas lengkap seperti di pantai indrayanti, sadranan ataupun sundak yang memang sudah lebih dulu populer.
Alamat: Desa Jepitu kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DIY
Cara Menuju ke Pantai Jungwok
Untuk menuju pantai jungwok anda bisa menggunakan rute : Yogyakara – Wonosari – Semanu – Jepitu – Pantai Wediombo.
23. RAFTING DI KALI OYO GUNUNGKIDUL
Aktivitas seru di Gunung Kidul yang selanjutny adalah dengan melakukan kegiatan Rafting di Kali Oyo. Lokasi rafting terdapat di Desa Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul.
Kegiatan Rafting di Kali Oyo sangat seru dan menantang tentunya, keseruan puncaknya saat kitatiba di dua air terjun.
Permainan lompat indah, yaitu terjun dari jembatan bambu atau melompat dari atas tebing batu, mulai ramai diperlihatkan oleh wisatawan.
Bagaimana? Anda ingin mencoba senasinya? Terjun dari atas tebing? Pasti sangat mengasyikkan sekali. Kedalaman air di lokasi itu kurang lebih tiga meter. Cukup dalam ya, pastikan anda bisa berenang, bagi anda yang tidak bisa berenang juga bisa mencoba, karena ada pemandu yang siap mengamankan anda :).
WISATA GUNUNG KIDUL LAINNYA
Berikut ini adalah objek wisata Gunung Kidul lainnya yang dikutip dari
Tribunnews yang bisa anda jadikan sebagai referensi saat liburan ke Gunung Kidul:
24. Goa Langse Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari
(Dekat Pantai Parangtritis Bantul). Terkenal sebagai tempat bersemedi, nenepi, bermeditasi. Terdapat mata air yang keluar dari dalam goa.
25. Goa Cerme. Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari (Berbatasan dengan Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul)
Terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah, sungai bawah tanah, banyak kelelawar. Menurut cerita, Goa Cerme dulu digunakan para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa dan tempat membahas pendirian Masjid Demak.
26. Goa Maria Tritis. Desa Giring, Kecamatan Paliyan
Wisata untuk ziarah dan beribadah umat Katolik.
27. Goa Bribin. Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu
Tempat proyek pengangkatan air sungai bawah tanah untuk masyarakat sekitar kerjasama dengan Jerman.
28. Goa Kalisuci, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Susur goa dan sungai, wisata Cave Tubing.
29. Goa Jomblang – Grubug. Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu
Perpaduan goa vertikal (luweng) dan horisontal. Bisa menikmati pancaran bias sinar matahari menembus lobang gua yang terkenal dengan sebutan “Cahaya Surga”
30. Goa Rancang Kencono, Desa Bleberan, Kecamatan Playen
Dekat lokasi Air Terjun Sri Gethuk. Terdapat pohon unik yang menembus lobang goa.
31. Goa Jlamprong, Goa Gesing, Goa Sinden. Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu. Terletak di Desa Wisata Mojo yang terkenal sebagai pusat kerajinan ukir batu putih. Tipe goa horizontal berair.
32. Goa Cokro. Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong. Goa vertikal (luweng), kedalaman sekitar 35 meter dari permukaan tanah.
33. Goa Lowo. Kecamatan Ponjong. Goa Lowo, lowo= kelelawar. Keberadaannya mengkhawatirkan karena penambangan batu kapur.
34. Goa Paesan. Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong
Goa masih alami dalam pengembangan. Lorong jalan datar dengan pemandangan lepas, stalaktit dan stalakmit indah menakjubkan.
35. Goa Cokakan. Desa Beji, Kecamatan Patuk. Terletak di Desa Wisata Jelok, dengan pemandangan khas goa-goa karst Gunungkidul untuk kegiatan susur goa.
36. Desa Wisata Bejiharjo. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.
Terdapat wisata Goa Pindul, suasana alam pedesaan, tempat pemancingan.
37. Desa Wisata Nglanggeran. Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk
Terdapat wisata Gunung Api Nglanggeran, suasana alam pedesaan, terdapat aneka kerajinan khas; Camping Ground, cocok untuk outbound dan tracking. Ada pendopo dan home stay.
38. Desa Wisata Bleberan. Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Ada Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencono.
39. Desa Wisata Mojo. Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu
Pusat kerajinan ornamen batu putih.
40. Desa Wisata Umbulrejo. Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong
Ada Dam Beton Indah, tempat pemancingan, warung ikan segar, out bound area, camping ground, susur goa.
41. Desa Wisata Bobung. Desa Putat, Kecamatan Patuk. Pusat kerajinan topeng, patung, dan batik kayu.
42. Desa Wisata Wonosadi. Desa Beji, Kecamatan Ngawen
Dekat hutan lindung Wonosari.
43. Desa Wisata Garotan. Desa Bendung, Kecamatn Semin
Sentra pembuatan lampu antik dan ornamen lain dari cor logam.
44. Desa Wisata Jelok. Desa Beji, Kecamatan Patuk
Terkenal sebagai Kampoeng Nusantara, konsep perpaduan desa wisata dan komunitas belajar pendidikan non formal. Alam khas pedesaan, dekat sungai oya, ada jembatan gantung yg artistik. Bisa Dinner on The River, Venesia-nya Indonesia
45. Kawasan Karst Pegunungan Sewu. Perbatasan Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pacitan. Bentangan pegunungan karst yang meliputi wilayah Gunungkidul, Pacitan, dan Wonogiri.
46. Lembah Karst MuloDesa Mulo, Kecamatan Wonosari. Lembah karst memanjang di Desa Mulo.
47. Gunung Api Purba Nglanggeran. Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk. Terletak di Desa Wisata Nglanggeran, ketinggian antara 200-700 mdpl. Di puncak kita bisa mendokumentasikan diri beraksi “Foto Terbang”
48. Gunung Patuk atau Bukit Hargodumilah. Perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul. Bukit pintu gerbang masuk wilayah Gunungkidul. Jika malam hari, bisa melihat bentangan cahaya lampu seperti kumpulan bintang yang berada di bawah bukit (Piyungan dan sekitarnya). Jika tidak tertutup awan, dapat melihat keindahan pemandangan Gunung Merapi di sisi utara.
49. Gunung Gambar Desa Jurangjero, Kecamatan Ngawen
Ketinggan 200m di atar permukaan laut. Dari puncak bisa melihat kindahan Rawa Jombor Klaten dan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Ada pendopo, cocok untuk camping dan tracking.
50. Gunung Kendil. Kecamatan Ponjong. Keajaiban alam bisa kita lihat di sini, ada sumber air yang mengalir deras dari bongkahan batu besar/bukit, terdapat kolam renang, Masjid, tempat terapi berbagai penyakit.
51. Hutan Bunder. Desa Putat, Kecamatan Patuk Kawasan hutan lindung di pinggir jalan Jogja-Wonosari, terdapat Rest Area Bunder. Cocok untuk Camping Ground.
52. Hutan Wanagama. Desa Banaran, Kecamatan Playen. Kawasan hutan lindung dan tempat penyulingan kayu putih. Fasilitas: MCK, Mushola, Pendopo, dekat sungai.
53. Hutan Wonosari. Desa Beji, Kecamatan Ngawen
Hutan yang kaya dengan pohon-pohon langka dan masih terjaga kelestariannya.
54. Bengawan Solo Purba (Telaga Suling). Desa Songbanyu dan Posung Kecamatan Girisubo. Lembah yang diyakini pada jaman dulu sebagai muara sungai Bengawan Solo, ideal untuk tracking atau jelajah wisata.
55. Telaga Jonge. Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Telaga dengan air melimpah dan udara sejuk. Salah satu tempat favorit para pemancing Jogja, Semarang, Kebumen, dan Jawa Timur. Pada waktu tertentu dilaksanakan upacara adat Bersih Telaga Jonge.
56. Telaga Kemuning. Desa Bunder, Kecamatan Patuk
Ada air terjun Ngeboran, Batu Payung, Hutan Wanagama, ada makanan khas kacang telor. Wisata alam, tracking/jelajah, wisata uji nyali, Camping Ground, jamuan wisatawan.
57. Situs Gambirowati atau Pesanggrahan Gambirowati. Desa Girijati, Kecamatan Purwosari. Bagunan periode Islam berasal dari abad XVI terletak di Dusun Watugajah, luas 13.200 m2, ketinggan 138 mdpl.
58. Situs Megalitik Sokoliman. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo
Peninggalan periode prasejarah di dusun Sokoliman II berupa menhir, fragmen menhir, dan dinding kubur batu.
59. Situs Gunungbang. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo
Situs megalitik yang ada di dusun Gunungbang Bejiharjo, peninggalan sejarah berbentuk kubur batu.
60. Pertapaan Kembang Lampir. Desa Girisekar, Kecamatan Panggang
Dibangun pada periode Islam. Tempat bertapa Ki Ageng Pemanahan pada jamannya.
61. Dam Beton Indah dan Bendungan Simo. Dam Beton Indah terletak di Desa Umbulrejo. Bendungan Simo terletak di Desa Genjahan, Kecamatan Ponjong. Outbound Area, terdapat permainan flying fox, tempat pemancingan, warung lesehan menu ikan air tawar segar. Di perjalanan bisa melihat hamparan padi hijau dan subur di atas sawah.
62. Rest Area Bunder. Desa Bunder Kecamatan Patuk. Tempat peristirahatan sementara (stop over) berbentuk pendopo di dekat Sungai Oya dan hutan lindung. Ada di pinggir jalan raya Jogja-Wonosari, sekitar 30 km dari Yogyakarta. Fasilitas: listrik, MCK, pendopo, parkir luas, tempat bermain anak, Outbound Area, Camping Ground.
63. Alun-alun Wonosari (Alun-alun Pemda) ~ sore s/d malam hari
Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari. Wisata kuliner dan wisata keluarga di malam hari, tersedia berbagai kuliner lesehan dan arena bermain anak-anak seperti becak hias, andong, mobil dan motor anak. Tempat peristirahatan sementara wisatawan yang akan ke/dari obyek wisata Gunungkidul untuk sholat di masjid Agung Wonosari. Biasa untuk tempat istirahat sementara komunitas penggemar motor luar daerah yang berwisata pada akhir pekan.
64. Pantai Nguyahan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari
Pantai yang masih alami dan bersih. Berjarak sekitar 200 m dari Pantai Ngobaran.
65. Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari
Pelabuhan nelayan tradisional, pasar ikan segar.
66. Pantai Kukup, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari
Terdapat pulau kecil dengan jembatan, gardu pandang, akuarium laut, hotel, rumah makan, terkenal sebagai “Tanah Lot-nya Pulau Jawa”.
67. Pantai Ngandong. Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus
Wisata bahari, wisatawan bisa mencoba berlayar bersama nelayan, diantar melihat umbul air (air tawar yang keluar dari dasar laut).
68. Pantai Sadeng, Desa Pucung, Kecamatan Girisubo
Pelabuhan nelayan di DIY. Terkenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) bertaraf nasional.
69. EMBUNG BATARA SRITEN
Objek wisata Gunung Kidul yang terakhid dari kami adalah Embung Batara Sriten.
Tiket
Inilah hal yang menggembirakan; kami tidak dikenai biaya masuk! Kami hanya dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 saja. Ya, hanya dengan Rp 2.000 kami sudah bisa berjalan-jalan –bahkan menyentuh awan!
Fasilitas
Fasilitas yang ada di Embung Batara Sriten sebenarnya belum terlalu lengkap, hanya tersedia mushola, warung, toilet, dan beberapa gazebo untuk menikmati pemandangan alam sekitar.
Bagaimana? Anda sudah tidak sabar ingin segera menuju ke tempat-tempat di atas? Tunggu apalagi, segera rencanakan aktivitas liburan anda di Gunung Kidul dengan baik. Itulah ulasan 69 Objek Wisata Gunung Kidul yang Menarik Dikunjungi dari kami, semogaa bermanfaat. Kunjungi juga 16 Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi
ABOUT THE AUTHOR
Nanda
Kita hari ini adalah mimpi kita kemarin, jadikan hari esok lebih baik dengan impian kita hari ini, jangan pernah berhenti mewujudkan impian. Be your self!
 Home  Wisata Indonesia 
Yogyakarta  Gunug Kidul 
69 Objek Wisata Gunung Kidul yang Menarik Dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sukristiawan.com:Tolak Perppu Ciptaker, Buruh Ancam Gelar Aksi Besar

Tolak Perppu Ciptaker, Buruh Ancam Gelar Aksi Besar Azhar Ferdian Senin, 02/01/2023 | 00:01 WIB Ilustrasi/Net INDOPOLITIKA.COM  – Partai Bur...