Selasa, 28 Oktober 2014

kabarnews.com:efek samping obat sakit gigi

Efek Samping Obat Sakit Gigi

Orang kerap mengandalkan obat analgesik atau penghilang nyeri saat menderita sakit gigi. Padahal, seperti yang dituturkan dokter gigi, kebiasaan tersebut bukan hanya berpengaruh terhadap gigi, namun juga terhadap kesehatan organ tubuh lainnya.

"Jangankan painkiller (obat penghilang rasa nyeri)," ujar Prof Dr Drg Hj Melanie S. Djamil, MBiomed, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti. "Minum obat parasetamol yang tidak sesuai dengan dosisnya atau berlebihan pun juga berpengaruh buruk. Kebiasaan ini bisa mencederai organ vital seperti ginjal dan liver,"

Hal itu ia ungkapkan dalam konferensi pers Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2013 yang diselenggarakan di Gedung FKG Universitas Trisakti, Jl Kyai Tapa, Grogol, Jakarta Barat, pada Selasa (29/10/2013).

Sangat sedikit orang yang mau berkunjung ke dokter gigi rutin 6 bulan sekali untuk sekadar melakukan pemeriksaan. Jangankan begitu, saat sudah sakit pun menurut Prof Melanie mereka masih tidak mau ke dokter gigi. Nanti kalau sakitnya sudah benar-benar tidak tertahankan, baru akan datang ke dokter gigi.

"Itu pun mereka maunya yang penting sakitnya hilang dulu, tapi tidak dilanjutkan pengobatannya. Padahal jika biasanya dokter memang akan memberikan obat untuk menghilangkan rasa sakitnya dulu, cuma yang terjadi begitu sakitnya hilang terus lupa kembali," tutur Prof Melanie.

Pada akhirnya, orang-orang ini akan kebal terhadap obat tersebut saat kembali mengalami sakit gigi. Namun, Prof Melanie menyayangkan keadaan bahwa dalam kondisi ini pun mereka masih tetap enggan berkunjung ke dokter gigi lagi dan justru mencari obat lain. Nah, ini juga yang dikhawatirkan akan memperburuk kondisi organ-organ tubuh tadi.

"Jadi, jangan berusaha jadi dokter sendiri. Kita memang membutuhkan obat-obatan untuk kebutuhan emergency, tapi kita tekankan bahwa tetap harus kembali ke dokter gigi setelahnya," tegas Prof Melanie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sukristiawan.com:Tolak Perppu Ciptaker, Buruh Ancam Gelar Aksi Besar

Tolak Perppu Ciptaker, Buruh Ancam Gelar Aksi Besar Azhar Ferdian Senin, 02/01/2023 | 00:01 WIB Ilustrasi/Net INDOPOLITIKA.COM  – Partai Bur...